TAUKAH ANDA KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN BARU CINA ( Artemisia Vulgaris L ) ?








'TAUKAH ANDA KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN BARU CINA ( Artemisia Vulgaris L ) ?' - Tanaman Baru Cina adalah suatu species dalam genus Artemisia. Dalam bahasa Inggris kebanyakan tanaman dalam genus ini disebut "mugwort", meskipun Artemisia Vulgaris merupakan yang paling sering disebut "mugwort". Tanaman ini memiliki bau yang sangat tajam dan warna daun hijau dan dibagian bawah lebih putih.


Kalau dikampung biasa disebut dengan sayur kaneker, dan banyak dikonsumsi karena rasanya yang cukup enak. Disamping dapat dijadikan konsumsi makanan sebagai sayur tetapi baru cina juga dapat dijadikan sebagai obat herbal yang mampu meredam beberapa penyakit.

Berikut ini morfologi, ciri-ciri tanaman baru cina yang digunakan sebagai herbal :

  • Habitat ini termasuk tanaman semak menahun, berambut halus, berbau tajam, akar tunggang berwarna kuning kecoklatan, tumbuh dengan tinggi tanaman antara 2-2,5 meter.
  • Ciri batang berkayu bulat, memiliki cabang dengan warna batang putih susu, dan seringkali terdapat warna ungu kemerahan.
  • Bentuk daun tunggal dan tersebar, panjang antara 8-12 cm dan lebar 6-8 cm. Daun menyirip dan berbulu, tulang daun menyirip. Bagian atas daun berwarna hijau, bagian bawah daun berwarna keputihan dan berbulu.
  • Ciri bunga majemuk berukuran lebar 5 mm, berwarna kuning muda berbentuk bonggol, Bunga tersusun dalam rangkaian malai ( radially symmetrical ) yang tumbuh menunduk, dan keluar dari ketiak daun.
  • Ujung tangkai benang sari berwarna kuning, kepala putik bercabang dua dan berwarna ungu kecoklatan. Umumnya berbuka pada bulan Juli sampai September.
  • Bentuk buah kecil berbentuk jarum dan berwarna coklat.
Banyak khasiat dan manfaat tanaman Baru Cina yang dapat digunakan sebagai obat herbal yaitu :

Khasiat : 
Analgesik, Antelmintik, Diuretik, Spasmolitik, Hemostatik, Stomatik, Sakit haid, keguguran, disentri, keputihan, susah punya anak, muntah darah, mimisan, pendarahan usus, mudah persalinan.

Bagian yang digunakan untuk obat :
Seluruh bagian tanaman

Cara Pengobatan :
batang dan daun bisa dibikin sayur, atau direbus sendiri, dengan air 200 ml, sampai airnya berkurang menjadi 100 ml. Diamalkan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.    





Comments

Popular posts from this blog

PRONICY DAN DEXAMETHASONE BERMANFAAT UNTUK OBAT NAFSU MAKAN