Sesungguhnya Jahanam Itu Ada Di Bumi, Dan Laut Menutupinya

Diriwayatkan oleh Abu Umar dari Abdullah bin Amr bahwa Nabi saw, bersabda :
"Tidak ada yang dapat mengarungi lautan itu kecuali orang yang berperang atau orang yang menunaikan ibadah haji atau orang yang menunaikan ibadah umrah, karena dibawah laut itu ada api "


Konon Abdullah bin Umar tidak mau berwudhu dengan menggunakan air laut, karena ia menutupi jahanam.

Diriwayatkan oleh Wahab bin Munabbih bahwa ia bercerita, "Pada suatu hari raja Zulkarnain naik ke atas gunung Qaf. Di bawah gunung ini ia melihat beberapa gunung kecil. Zulkarnain bertanya, 'Siapa namamu?' Ia menjawab, 'Namaku Qaf.' Zulkarnain bertanya, 'Bagaimana dengan gunung-gunung kecil yang berada di sekelilingmu itu? Ia menjawab, 'Itu adalah laharku. Bahkan, setiap kota pasi ada laharku.

Setiap kali Allah ingin menimbulkan gempa di sebuah bukit, Dia pasti menyuruh aku untuk menggerakkan laharku. Maka, terjadilah gempa ditempat itu.' Zulakarnain berkata, 'Hai gunung Qaf, ceritakan sedikit saja tentang keagungan Allah.' Ia menjawab, 'Sesungguhnya urusan Tuhan kami itu sangat agung, tidak mampu dijangkau oleh apapun.' Zulkarnain berkata, 'Ceritakan kepadaku yang sangat sederhana saja.' Ia berkata, 'Di belakangku ada sebuah tanah yang luasnya sejauh perjalanan selama lima ratus tahun. Di sana terdapat sebuah gunung salju yang satu sama lain saling menghancurkan. Seandainya tidak ada gunung salju tersebut, niscaya semuanya akan terbakar oleh panasnya jahanam."

Kata Syaikh al-Qurthubi, "Riwayat tadi menunjukkan bahwa jahanam itu berada di bumi. Tetapi, hanya Allah saja yang tahu dimana letaknya."

Comments

Popular posts from this blog

PRONICY DAN DEXAMETHASONE BERMANFAAT UNTUK OBAT NAFSU MAKAN